Mengenal dan Memahami Kegunaan serta Definisi Invoice adalah

Dalam sebuah bisnis, baik skala kecil maupun besar, jika ingin bisnis maju juga harus memperhatikan kelengkapan dokumen perusahaan. Begitu pun jika bisnis tersebut belum berupa perusahaan misalnya. Tetap saja harus melengkapi dokumen – dokumen perusahaan, salah satunya adalah invoice.

Invoice adalah suatu dokumen yang penting adanya dalam suatu bisnis. Dengan adanya invoice, kegiatan keuangan perusahaan dapat berjalan baik. Bahkan dengan invoice juga pelaku bisnis dapat lebih mendapatkan keuntungan lagi.

Lalu, apa itu invoice dan seperti apa pentingnya invoice di dunia bisnis? Di artikel ini, akan dibahas mengenai invoice adalah, serta fungsi, serta jenis – jenis dari invoice.

Sumber: https://www.flywire.com/industries/travel/invoicing

Definisi Invoice adalah

Sebelum berlanjut ke pembahasan lebih lanjut, ada baiknya untuk memahami apa itu invoice. Invoice adalah nama lain dari faktur, jika Anda sudah mengenal faktur, berarti Anda juga memahami apa itu invoice.

Secara umum, invoice adalah suatu dokumen penting yang berisi tentang rincian pembelian produk, baik barang ataupun jasa. Invoice diberikan oleh penjual kepada pembeli ketika pembeli melakukan pembelian secara kredit. Yang tercantum di dalam invoice adalah data – data pembelian, seperti identitas perusahaan sebagai penjual, detail barang atau jasa yang dibeli, harga tiap produk, serta total harga yang harus dibayarkan oleh pembeli.

Lebih lengkap lagi, di dalam invoice tertera juga besaran pajak yang harus dibayarkan oleh pembeli terkait produk yang dibeli. Serta, di dalam invoice tercantum termin atau waktu dimana pembeli harus membayarkan total harga kepada penjual.

Fungsi dari Invoice adalah

Sumber: http://www.hyperfest.com.au/About/Invoicing

Karena invoice penting bagi perusahaan, tentu ada fungsi – fungsi yang membuatnya begitu penting. Fungsi dari invoice adalah untuk bukti yang sah atas penjualan dan pembelian yang terjadi dalam suatu transaksi. Dengan adanya invoice pula, penjual dapat melakukan penagihan kepada pembeli.

Invoice dapat dijadikan sumber informasi tentang produk baik barang atau jasa yang telah dibeli. Selain itu, melalui invoice juga departemen keuangan dapat melakukan pembukuan atas suatu transaksi yang terjadi.

Invoice diterbitkan sebanyak tiga rangkap. Satu lembar untuk pembeli, satu lembar untuk bagian keuangan, dan satu lembar untuk bagian penjualan. Dengan rangkap ini, tentu kekuatan invoice begitu berpengaruh jika suatu saat terjadi kesalahpahaman dalam transaksi.

Selain itu, invoice juga berfungsi sebagai dokumen rujukan jika ingin menjual kembali barang yang telah dibeli. Bahkan, terkait mengenai kesalahpahaman dalam transaksi, invoice dapat digunakan sebagai rujukan jika terjadi ketidaksesuaian penagihan serta pengiriman barang.

Jenis – Jenis Invoice adalah

Invoice diterbitkan ketika suatu transaksi terjadi secara kredit. Tidak hanya sampai disana, diterbitkannya invoice juga berdasarkan jenis – jenis bisnis yang dilakukan. Seperti pada transaksi jual beli pada umumnya, biasanya menggunakan invoice biasa.

Sementara jika transaksi dilakukan dengan lingkup internasional atau kegiatan ekspor impor, invoice yang diterbitkan merupakan invoice konsuler. Yang mana juga mencantumkan kolom pengesahan oleh atase negara atau negara yang menerima impor serta kedutaan negara asal ekspor.

Dan jenis yang terakhir yaitu invoice proforma, yaitu invoice yang diterbitkan jika transaksi kredit yang terjadi bersifat sementara. Artinya barang yang dibeli dikirim secara bertahap, sehingga setelah semua dikirim barulah invoice proforma ini diganti dengan invoice biasa.

Setelah membaca artikel ini, tentu Anda akan semakin memahami apa itu invoice dan pentingnya invoice dalam suatu bisnis, baik skala kecil maupun skala besar.

Leave a Comment